Selasa, 20 November 2012

JADWAL KEDATANGAN KERETA TERLAMBAT


Urip SR)

PURWOKERTO, kayakiye-News – Akibat sambaran petir, wesel otomatis pemindah jalur kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta pada Senin (19/11) rusak total. Kerusakan yang baru bisa diatasi tiga jam kemudian itu tidak hanya mengakibatkan terjadinya keterlambatan rangkaian Kereta Rel Listrik (KRL) di Jabotabek, tetapi sejumlah rangkaian kereta jarak jauh juga mengalami keterlambatan.
Menurut Surono, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional V Purwokerto, kerusakan itu memengaruhi jadwal kedatangan lima kereta api di Stasiun Besar Purwokerto yang terlambat empat hingga tujuh jam dari jadwal seharusnya.
Keterlambatan tersebut dialami pada kereta-kereta jarak jauh dari Jakarta ke kota tujuan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat. “Kereta-kereta jarak jauh itu, rata-rata baru tiba di Stasiun Purwokerto tadi pagi,” kata Surono, Selasa (20/11).
Lima kereta yang terlambat itu, yakni KA Bima
jurusan Gambir Surabaya. Kereta ini terlambat empat jam dari jadwal seharusnya, yakni pukul 22.15 WIB tetapi baru tiba 02.42 WIB. Kereta kedua adalah KA Gajayana jurusan Gambir-Malang. Kereta ini terlambat hingga tujuh jam dari jadwal semula 22.27 WIBtetapi baru masuk Purwokerto pukul 05.37 WIB.
Sementara kereta ketiga, KA Argolawu jurusan Gambir-Solo ini, terlambat hingga enam jam, dari jadwal 00.58 WIB yang baru tiba di Purwokerto pukul 07.02 WIB. Kemudian KA Taksaka, jurusan Gambir-Yogyakarta. Kereta ini terlambat empat jam, seharusnya tiba pukul 02.46 WIB, tetapi baru masuk stasiun Purwokerto pukul 07.17 WIB.
Kereta kelima yang terlambat adalah KA Senjautama jurusan Pasar Senen-Solo yang terlambat 3,5 jam dari jadwal semula, pukul 03.08 WIB yang baru tiba di Purwokerto pukul 06.47 WIB. “Setelah dilakukan perbaikan selama tiga jam, saat ini perjalanan semua KA sudah kembali normal,” kata Surono.
Menurut Surono yang dalam waktu dekat akan segera bertugas di Daop IV Semarang ini, akibat kerusakan sambaran petir itu, pemindahan jalur kereta terpaksa dilakukan secara manual. “Wesel otomatis di Stasiun Manggarai diperkirakan rusak pukul 16.58 WIB. Setelah dilakukan perbaikan, jalur baru bisa dipindahkan secara otomatis dan dilalui lagi, Senin (19/11) pukul 20.50 WIB,” ujar Surono. (Dedy Afrengki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar